Cara Menjaga Kamar Mandi Agar Tidak Lembab

Kamar mandi adalah salah satu ruangan di rumah yang bisa cepat lembab. Ya, karena kamar mandi berisi air, maka tentunya membuatnya cepat lembab. Jika kamar mandi rumah Anda lembab, maka akan menimbulkan berbagai masalah. Seperti, berbau tidak sedap, lalu bisa saja dinding kamar mandi ditumbuhi lumut, atau bisa juga dinding kamar mandi menjadi berair yang dapat mengakibatkan kerusakan.

Tentunya Anda tak ingin hal itu terjadi kepada kamar mandi Anda. Maka dari itu, Anda perlu sekali menjaga kamar mandi Anda agar tidak lembab. Lalu bagaimana cara menjaga kamar mandi agar tidak lembab? Kami memiliki solusinya, untuk itu Anda bisa simak ulasan dari kami berikut ini.

Cara Mudah Agar Kamar Mandi Tidak Lembab

Menjaga ruangan kamar mandi tetap dalam kondisi yang sesuai, sudah menjadi sebuah keharusan Anda sebagai pemilik rumah. Ya, seperti yang telah dikatakan sebelumnya, kamar mandi yang memiliki suhu sangat lembab, jelas dapat menimbulkan berbagai masalah. Bahkan bisa juga menjadikan sumber penyakit untuk penghuni rumah. Nah, sebanarnya ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk merawat kamar mandi agar tidak lembab. Berikut akan kami jelaskan tentang cara menjaga kamar mandi agar tidak lembab.

  1. Pastikan Kamar Mandi Memiliki Ventilasi

Ventilasi menjadi hal yang penting dan harus ada di sebuah ruangan. Fungsi utama dari ventilasi adalah untuk sirkulasi udara. Nah, sebelum membuat kamar mandi, pastikan Anda memperhitungkan ventilasi untuk kamar mandi Anda.

Ukuran ventilasi kamar mandi tak usah terlalu besar, atau bisa disesuaikan dengan ukuran kamar mandi Anda. Selain berfungsi untuk sirkulasi udara, adanya ventilasi juga berguna untuk menjaga kamar mandi agar tidak cepat lembab.

  1. Memasang Exhaust Fan

Ya, terkadang meskipun kamar mandi sudah memiliki ventilasi, tapi terkadang bisa saja ventilasi tak cukup membantu menjaga suhu di dalam kamar mandi. Alhasil, kamar mandi bisa saja menjadi lembab. Nah, jika menurut Anda ventilasi di kamar mandi tak berfungsi sebagaimana mestinya, maka tak ada salahnya Anda memasang Exhaust Fan.

Exhaust Fan ini cocok dipasang di kamar mandi yang tak memiliki ventilasi besar atau jendela. Fungsi dari alat ini adalah untuk mempercepat sirkulasi udara, dan bisa untuk dengan segera mengganti udara kotor yang ada di kamar mandi. Tak hanya itu saja, alat ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap yang ada di kamar mandi Anda. Exhaust Fan juga memiliki berbagai tipe, kamu bisa memilih tipe yang memang cocok untuk dipasang di kamar mandi Anda.

  1. Menggunakan Produk Penyerap Kelembaban

Sekarang ini sudah banyak sekali produk yang dapat digunakan untuk menyerap kelembaban pada kamar mandi. Sebanarnya ada beberapa jenis produk penyerap kelembaban, Anda bisa menggunakan yang mana saja, sebab fungsinya tetaplah sama, yaitu untuk menyerap kelembaban dan bisa menjaga suhu ruangan dalam kondisi yang tepat.

Penggunaan produk ini juga cukup praktis. Ya, karena bentuknya yang bisa berwujud seperti kapur atau butiran, maka Anda bisa saja meletakkan produk ini di tempat tertentu, seperti di pojok kamar mandi, atau digantung saja. Untuk ketahanannya, biasanya produk penyerap kelembaban hanya bertahan beberapa minggu saja. Nah, jika sudah beberapa minggu, maka Anda bisa menggantinya dengan yang baru.

  1. Menggunakan Tanaman Hias

Tanaman hias tentunya akan memberi kesan cantik dan segar untuk kamar mandi rumah Anda. Ya, selain berfungsi untuk mempercantik ruangan, ternyata tanaman hias juga memiliki manfaat lain, seperti untuk menghilangkan bau tak sedap yang ada di kamar mandi.

Tapi ternyata masih ada fungsi lain dari tanaman hias. Ya, tanaman hias termasuk efektif untuk menghilangkan kelembaban di kamar mandi. Tanaman hias jelas bisa menyerap udara kotor juga yang ada di kamar mandi Anda. Anda pun tak usah memilih tanaman hias yang berukuran besar. Cukup ukuran yang kecil saja, dan letakan di wastafel kamar mandi Anda. Atau bisa juga diletakkan di sudut ruangan kamar mandi.

Adapun tanaman hias yang dapat Anda gunakan, antara lain adalah tanaman anggrek, lidah mertua, lidah buaya, dan sebagainya. Nah, agar kamar mandi tidak kotor, maka Anda juga perlu merawat dan membersihkan tanaman hias tersebut.

  1. Kurangi Air

Di kamar mandi pasti terdapat air. Nah, perlu Anda ketahui juga, bahwa air yang terlalu banyak dapat membuat kamar mandi Anda cepat lembab.

Maka dari itu pastikan Anda tak mengisi air sampai meluap dari bak mandi. Selain, menjaga suhu ruangan kamar mandi, mengisi air secukupnya juga dapat membuat Anda menghemat air.

Atau selain itu, mungkin ada baiknya Anda lebih memilih shower dibandingkan dengan bak mandi. Sebab, shower hanya digunakan seperlunya saja, sehingga air tak akan terbuang sia-sia.

  1. Manfaatkan Buangan AC

Udara buangan AC ternyata memiliki fungsi yang sangat bermanfaat. Ya, daripada Anda membuang dengan percuma udara hasil buangan AC, maka ada baiknya Anda memanfaatkannya. Seperti yang kita ketahui, bahwa udara buangan AC memiliki suhu yang panas. Nah, suhu panas ini bisa dimanfaatkan untuk keperluan mengeringkan kamar mandi rumah Anda.

Dengan suhu yang panas dari buangan AC ini, maka kamar mandi Anda akan bebas lembab.

  1. Memisahkan Daerah yang Kering dan yang Basah

Biasanya ruangan kamar mandi terbagi menjadi dua, yaitu daerah kering dan daerah yang basah. Daerah kering ini meliputi wastafel dan toilet duduk. Sedangkan daerah basah adalah bathub, tempat menampung air, dan shower.

Nah, Anda harus benar-benar memastikan daerah kering untuk tetap kering. Untuk itu, Anda bisa memasang sekat antara daerah kering dan basah. Jangan sampai daerah kering tergenang oleh air. Sebab, jika itu terjadi maka bisa saja kamar mandi Anda akan makin lembab karena genangan air di daerah kering.

  1. Membersihkan Kamar Mandi Dengan Teratur

Terakhir adalah Anda perlu sekali untuk selalu membersihkan kamar mandi Anda dengan teratur. Kamar mandi yang dibiarkan begitu saja tanpa dibersihkan, jelas akan menjadi sarang kuman yang bisa menyebabkan penyakit. Tak hanya itu saja, kamar mandi yang kotor pun bisa menimbulkan bau tak sedap. Bau ini bisa saja ditimbulkan dari jamur yang tumbuh di tembok kamar mandi.

Pastinya Anda tak mau jika hal itu sampai terjadi kepada kamar mandi Anda. Kamar mandi yang kotor pun bisa membuat penghuni rumah tak betah. Maka dari itu, Anda harus rutin membersihkan kamar mandi Anda. Mulai dari membersihkan kloset, lantai kamar mandi, bathub, jendela, wastafel, dan sebagainya yang ada di kamar mandi Anda. Setalah membersihkan kamar mandi, pastikan Anda mengelap bagian yang basah sampai kering.

Itulah 8 cara mudah yang dapat Anda tiru untuk menjaga suhu ruangan di kamar mandi tetap dalam kondisi yang pas. Kamar mandi yang bersih dan tak lembab, jelas akan menawarkan kenyamanan bagi penghuni rumah.

Catatan: Bila anda memiliki masalah seputar kamar mandi atau lebih tepatnya WC Bermasalah, langsung saja hubungi kami CV Sumber Baru Sedot WC Probolinggo Harga Termurah No.1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *